7:01 AM


SOAL PRE DAN POST TEST KLS XI IPA KD 4,1

1.          Jelaskan pengerian hubungan  Internasional menurut pendapat kamu
2.          jelaskan pengertian hubungan internasional menurut Renstra(Rencana  Strategi Pelaksanaan   Politik Luar Negeri RI
3.          Suatu negara dpt mengadakan kerja sama antar negara atau hubungan internasional manakala telah diakui kemerdekaannya secara …… dan ….
4.          Dalam pelaksanaannya, hubungan antar negara pelu dilandasi dengan prinsip……. dan……..
5.          Arti pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara karna disebabkan faktor internal. jelaskan maksudnya.
6.          selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yg memperngaruhi mengapa hubungan internasional sangat penting bagi suatu negara. Jelaskan faktor eksternal tersebut.
7.          Beberapa faktor yang ikut menentukan dalam proses hubungan internasional baik secara bilateral maupun multilateral ada 4 sebutkan.
8.          terangkan mengapa ke4 faktor tersebut sangat menentukan.
9.          Sebutkan  3 asas dalam hubungan internasional yg satu sama lainnya saling mempengaruhi.
10.      sebutkan pengertian asas teritorial.
11.      selain asas teritorial ada lagi asas kebangsaan dan kepentingan umum…sebutkan
12.      Sebuutkan 3 sarana penting dalam membangun hubungan ineternasional
13.      Sebutkan pengertian dari lobby
14.      tuliskan pengertian diplomasi
15.      Disamping diplomasi dan lobby ada juga negosiasi yg merupakan sarana hubungan inetrnasional. sebutkan pengertian negosiasi.

JAWAB
1.     ……………………………………..
2.     Renstra….hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yg dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasionalnegara tersebut.
3.     Diakui kemerdekaannya secara de facto dan de jure
4.     Prinsip persamaan derajat dan didasarkan pada kemauan bebas dalam melaksanakan hubungan tersebut.
5.     faktor internal adalah adanya kekahwatiranterancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.
6.     faktor eksternal yaitu ketentuan hukum alam yg tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara negara tidak dapat tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerjasama dengan negara lain.
7.     4 faktor penentu dalam hubungan internasional adalah….
a.    kekuatan nasional.
b.    jumlah penduduk
c.    sumber daya
d.   letak geografis

8.           -  kekuatan nasional adalah kemampuan atau ketahanan nasional dalam segenap   aspek yg meliputi aspek IPOLEKSOSBUDHANKAM
-     Jumlah Penduduk adalah salah faktor penentu karna banyaknya jumlah penduduk dan kebutuhannya
-     sumber daya adalah meliputi sumber daya alam dan manusia. dimana keterbatasan SDM dan sumber daya alam mengakibatkan suatu negara mengadakan hubungan internasional.
-     letak geografis artinya letak geografis yg sangat strategis membuat bangsa Indonesia sbg transit bagi negara lain menjadi dasar dalam mengadakan hubungan internasional.
9.     ke3 asas tersebut antara lain..
a.    asas teritorial
b.    asas kebangsaan
c.    asas kepentingan umum
10.  Asas teritorial  yaitu hak dari suatu negara atas wilayahnya, berhak menegakkan hukum terhadap barang dan semua orang yang berada di wilayahnya
11.  Asas kebangsaan yaitu kekuasan negara atas warga negaranya, setiap warga negara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya dan Asas kepentingan Umum yaitu negara dapat melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.  Negara dapat menyesuaikan diri dengan semua peristiwa yang ada hubungannya dengan kepentingan umum. 
12.  ke3 sarana tersebut antara lain..
a.    diplomasi
b.    negosiasi
c.    lobby
13.  lobby adalah merupakan kegiatan politik yang dilakukan untuk memengaruhi negara tertentu untuk memastikan bahwa pandangan  atau kepentingan suatu negara dapat tersampaikan
14.  diplomasi adalah proses komunikasi antarpelaku politik internasional dan instrumen untuk mencapai tujuan kebijakan politik luar negeri suatu negara
15.  negosiasi  atau perundingan adalah suatu upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi antara kedua negara tanpa melibatkan pihak ketiga




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
February 6, 2018 at 8:12 AM delete

Makasih ;)

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
February 6, 2018 at 8:12 AM delete

makasihhh

Reply
avatar